History of Islamic Civilization

Minggu, 17 Februari 2019

Nabi Muhammad Saw sebelum Kenabian

picture by google
Nabi Muhammad Saw lahir dalam runtutan nasab yang mulia, yakni Muhammad ibn Abdullah ibn Abdul Muthalib ibn Hasyim ibn Abd Manaf ibn Qushay ibn Kilab ibn Murrah ibn Ka'ab ibn Lu'ay ibn Ghalib ibn Fihr ibn Malik ibn Al-Nadhr ibn Kinanah ibn Khuzaimah ibn Mudrikah ibn Ilyas ibn Mudhar ibn Nazzar ibn Ma'ad ibn Adnan.

Dan pada garis keturunan Adnan, nasab ini bertemu dengan garis keturunan Ismail ibn Ibrahim

Kemudian pada nasab ibunda Rasulullah Saw, yakni Aminah binti Wahb ibn Abd Manaf ibn Zahrah ibn Kilab. Pada garis keturunan Kilab inilah nasab bertemu dengan nasab Ayahanda Rasulullah, Kilab yang artinya pemburu anjing adalah nama julukan dari nama aslinya yaitu Hakim dan juga Urwah.  

Nabi Muhammad Saw juga berasal dari kabilah yang mulia pada bangsa Arab, yakni kabilah Quraisy yang asal mulanya adalah Fihr ibn Malik (Al-Nadhr ibn Kinanah). 
Beberapa kemulian kabilah Quraisy adalah; Qushay (Zaid) adalah penjaga pintu (hijabah) dan pelayan Ka'bah (sidanah), Qushay juga menyediakan air bagi peziarah ke Mekkah (siqayah) dan penyediakan makanan (rifadah); Qushay mendirikan Dar Al-Nadwah yang menjadi tempat pusat aktivitas sosial; Qushay juga pemegang tanggung jawab atas panji perang (liwa').

Keluarga Rasulullah Saw berasal dari Bani Hasyim (al-usrah al-hasyimiyyah).

*To be continue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar